BAB 1 / MEMBUAT SURAT LAMARAN KERJA
SURAT LAMARAN KERJA
Surat lamaran kerja Yaitu surat permohonan untuk bekerja yang dibuat oleh pencari kerja dan ditujukan kepada perusahaan, instansi ataupun badan usaha.
- Fungsi Surat Lamaran Pekerjaan:
• Media permohonan kerja kepada instansi secara resmi.
• Bukti secara tertulis pengajuan lamaran kerja.
• Media untuk mengenalkan profil diri kepada instansi.
- Jenis Surat Lamaran Pekerjaan:
• Surat lamaran kerja tradisional, yakni surat yang paling banyak dipakai pelamar kerja.
• Surat lamaran kerja jaringan, yakni surat yang ditujukan berdasarkan rekomendasi pegawai dari perusahaan tempat melamar kerja.
• Surat lamaran kerja referal, yakni surat dengan informasi lowongan kerja disampaikan oleh pegawai perusahaan.
• Surat lamaran kerja terpisah, yakni surat lamaran yang dipisah dengan Curriculum Vitae (CV).
• Surat lamaran kerja gabungan, yakni surat lamaran yang digabung dengan Curriculum Vitae (CV).
- Unsur Atau Struktur Surat Lamaran Pekerjaan:
• Terdapat tanggal pembuatan surat.
• Terdapat informasi lampiran surat dan perihal surat.
• Terdapat keterangan alamat ditujukannya surat.
• Bagian salam pembuka.
• Bagian isi surat.
• Bagian salam penutup.
• Kolom tanda tangan beserta nama pengirim secara jelas.
- Kaidah Kebahasaan Surat Lamaran Kerja:
• Menggunakan kalimat efektif, yakni singkat, padat dan jelas.
• Menggunakan bahasa yang baku dan sesuai PUEBI (Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia).
• Mengikuti format surat yang standar.
• Penggunaan tanda baca yang tepat, seperti titik, koma, titik dua.
- Contoh Surat Lamaran Kerja


Tidak ada komentar:
Posting Komentar